TALK SHOW : AKU KENA COVID-19 ?

Pembekalan Kesehatan dan Pemberdayaan Jemaat masa pandemic

Saat ini… semua kita sangat terganggu dengan Covid-19. Diluar dugaan kita, wabah Covid-19 ini terus meningkat. Sulit bagi kita saat ini berkata “Apakah kita telah bebas dari Covid-19”, sebab lawan kita, virus yang ganas dan mematikan itu tidaklah kelihatan.

Anak kecil hingga orangtua terus dicecar oleh Covid. Ada yang sakit, terjatuh, hingga harus kehilangan orang yang dikasihi. Bukan satu atau dua yang menjadi korban, namun sangat banyak. Kondisi ini membuat kita tidak habis pikir karena Kematian menanti dibalik Covid.

Saat ini bukanlah waktu yang tepat memikirkan diri sendiri…

Bukan waktu yang tepat bertindak semau diriku sendiri dengan tidak memakai masker, tidak mau di vaksin, dan tidak mematuhi PROKES…

Saat ini bukan waktu yang tepat berkumpul ramai-ramai dan berkerumunan di tempat umum, di tempat tertentu maupun dirumah dengan menganggap Covid-19 tidak ada…

Bukan karena tidak mau bergaul dalam interaksi sosial. Bukan juga karena kita angkuh..! Namun kondisi ini membuat kita harus tegas dan lebih hati-hati. Baiklah disisi kecil kita merenung : Mungkin tubuh kita telah dihampiri virus dengan tanpa gejala, agar tidak menularkan pada  orang lain. Atau barangkali ada teman di sekeliling kita yang bisa menularkan virus tersebut.

Sekarang adalah saat MEMIKIRKAN KESEHATAN BERSAMA!!! Dari kita, oleh kita dan untuk kita ! Bila kita sehat, sekitar kita selamat… Masker harga mati, gak pakai masker bisa mati !

Melihat situasi yang amat menyesak ini, Gereja tidak tinggal diam. Gereja berusaha keras memikirkan apakah yang dapat diperbuat guna membantu dan mendukung Pemerintah kita yang terus bekerja keras menangani Covid-19 ini.  Maka Pdt. Belman Hutahaean, M.Div sebagai Pendeta Ressort HKBP Batam meminta kepada Ketua Dewan Diakonia (St. dr. Sahat Siahaan, MARS), TIM Dokter HKBP Batam dan Tim IT (multimedia) untuk mengadakan acara TALK SHOW yang berjudul “AKU KENA COVID-19”? Satu bentuk terobosan baru dalam menyampakain edukasi kepada jemaat HKBP Batam dan terbuka untuk kalangan umum perihal penanganan Covid-19 ini. Acara Talkshow pun terlaksanan pada hari Jumat, 23 Juli 2021, mulai Pkl. 19.00 wib – Pkl. 21.30 Wib melalui tayangan Live Streaming di channel Youtube HKBP BATAM, LUBUK BAJA yang dipandu oleh Pdt. Yosua R.H. Togatorop, STh sebagai moderator. Acara tersebut membuka layanan interaktif dengan menghubungi call centre maupun melalui WA.

Empat dokter yang melayani dengan tulus, serius, dan ahli dalam penanganan Covid-19 turut serta sebagai narasumber di talk show ini, yaitu :

  1. Sahat Siahaan, MARS – Direktur RS Elisabeth Batam. Materi yang disampaikan : Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit.
  2. Sanny Tiurni Ari Sianturi, MKKK – Kepala Puskesmas Kabil, Batam. Materi yang disampaikan : Isoman dan Penanganan terhadap anak.
  3. Indriana Simbolon – Ketua Tim Covid-19 Puskesmas Botania, Batam. Materi yang disampaikan : Apa itu Covid-19.
  4. Yockie Verinico Simamora – Penanggungjawab Vaksin Puskesmas Sambau, Batam. Materi yang disampaikan : Vaksin dan kegunaannya.

Acara berjalan dengan baik. Ada banyak penanya dalam layanan interaktif baik melalui telp, WA dan Youtube. Bahkan waktu selama dua setengah jam rasanya tidak cukup.

Pada penghujung acara Pdt. Belman Hutahaean, M.Div sebagai Pendeta Ressort dan sebagai Pendamping Rohani mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Dokter yang bersedia menjadi Narasumber, juga akan selalu mendoakan para dokter dan tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid, agar tetap sehat dan dilindungi Tuhan. Demikian juga kepada Tim IT (Oktavianus Reynaldo Sitompul  sebagai ketua Tim IT, Hengky Manurung, Samuel Hutapea, Rikson Simanjuntak), Musik-song leader (Hotlan Sibagariang, Cintya Lubis) dan moderator, sehingga semua acara ini dapat terlaksana karena Tuhan dan kerjasama yang baik. Pesan Pastoral yang disampakain oleh Pdt. Belman Hutahaean, M.Div agar seluruh pemirsa yang menyaksikan acara tersebut menerapkan apa yang telah disampaiakan oleh narasumber. Selanjutnya mematuhi Prokes sebagaimana anjuran dari

Pemerintah dan Tim Gugus. Salam sehat. (YRHT)

Tonton Video lengkapnya dibawah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *