Renungan Senin 4 Juni 2018

Zakharia 14:8 “Pada waktu itu akan mengalir air kehidupan dari Yerusalem; setengahnya mengalir ke laut Timur dan setengah lagi mengalir ke laut Barat; hal itu akan terus berlangsung dalam musim panas dan pada musim dingin”.

Nas ini menyaksikan bahwa kuasa Tuhan dari Yerusalem akan mengalir ke seluruh penjuru dunia sepanjang zaman. Kemenangan dan kekuasaan Tuhan akan menguasai bumi, dan penguasa satu-satunya adalah Tuhan saja (ayat 9). Ini adalah bagian dari perwujudan Kerajaan Allah yang direalisasikan atau digenapi Tuhan. Kerajaan Allah dipahami sebagai tempat atau kondisi di mana kuasa Allah memerintah dan menguasai 100%, bahkan sedikitpun kuasa iblis atau kebijaksanaan manusia tidak ada di dalamnya. Pemerintahan baru Tuhan (New Theokrasi) nyata melingkupi seluruh kehidupan.

Tentu, nubuatan ini sudah nyata dalam hidup kita. Meskipun tidak sepenuhnya bumi menerima Yesus adalah TUHAN, namun sudah banyak yang menerima Yesus sebagai TUHAN. Gereja yang adalah persekutuan orang percaya menjadi tempat dan situasi di mana Kerajaan Allah nyata dan menjadi saksi bagi dunia. Pada akhirnya juga, menjadi berkat bagi dunia sehingga bertambah-tambahlah jiwa-jiwa yang merindukan Tuhan. Kita bisa menjadi aliran air yang mengalir ke semua arah kehidupan, sehingga kita menyalurkan air kehidupan dari Tuhan kepada mereka yang mau menerima air kehidupan itu. Sebagaimana aturan gravitasi bahwa air mengalir ke tempat yang lebih rendah, maka mereka yang merendahkan hatinya akan menerima aliran air kehidupan itu di dalam hidupnya. Ketika mereka diairi air kehidupan maka mereka akan hidup dan segar, seperti pohon yang ditanam dipinggir sungai, yang tidak pernah layu dan bahkan berbuah pada waktunya dan apapun yang dikerjakannya berhasil (Mzm1:1-3). Kerendahan hati menjadi cara kita menyambut air kehidupan dari Tuhan agar kita benar-benar hidup dan selalu segar di dalam kehidupan. Jauhkanlah keangkuhan dan arogansi dalam kehidupan, karena itu jalan menuju kejatuhan dan kehancuran. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. Amin. (FIS)

Pararat

Leave a Reply

Your email address will not be published.