Renungan MINGGU, 8 JULI 2018

Siapa mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Ini pun siasia. (Pengkhotbah 5:9)

UANG TIDAK BISA MEMBERI KEBAHAGIAAN DAN CINTA

Paman Gober tokoh terkenal dalam seri komik Donal Bebek. Meskipun memiliki gedung yang dipenuhi dengan uang dan emas, Paman Gober bebek terkenal pelitnya mulai dari pakaian kesehariannya, memberikan upah di bawah standart kepada pegawainya sampai tidak mengijinkan pegawainya untuk libur. Bahkan dengan keponakannya sendiri yaitu Donal bebek tak luput dari perselisihan hutang piutang. Kekayaan yang dimilikinya tidak datang begitu saja, atau warisan, dia memulai dai nol, menjadi penyemir sepatu, mencoba keberuntukngan dengan berjalan dari satu Negara ke Negara yang lain, hasilnya koin emas disimpan. Fokus hidupnya yang utama hanya satu bagaimana mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Paman Gober begitu mencintai uangnya dikisahkan punya hobi berenang di kolam uangnya meskipun kolam tanpa air. Namun dia berselisih dengan keponakannya hanya karena uang.

Memiliki kekayaan menciptakan selera yang tidak puas-puasnya, akan selalu kehausan, dan selalu mencari dan mencari tidak ada capeknya. Kekayaan yang ada tidak cukup sehingga berusaha untuk menambah kekayaan. Tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki, ketika hanya mengandalkan kaki untuk melangkah, bermimpi untuk memiliki sepeda dari sepeda meningkat ke sepeda motor, dan meningkat lagi ke mobil bahkan meninggat ke merek yang lebih tinggi. Tingkat kebutuhan semakin tinggi. Kecintaan terhadap uang membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan. Cinta uang didasari keserakahan. Pengkhotbah menegaskan bahwa mencintai uang, mencintai kekayaan tidak akan pernah menghasilkan sesuatu kepuasan dan kebahagiaan. Malah sebaliknya semakin kita bergantung pada kekayaan malah hidup kita semakin tidak tenang. Kepuasan, ketenangan dan kebahagiaan hidup kita, kita temukan dalam Yesus. Datanglah kepadaNya. Amin (Biv. T Br Sihombing)

Pararat

Leave a Reply

Your email address will not be published.