Draft Proposal Panitia Tahun Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Proposal Perayaan Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup HKBP Lubuk Baja Batam Tahun 2018

1. Latar Belakang

Salah satu strategi Ingwer Ludwig Nommensen ketika melakukan Pekabaran Injil di Tanah Batak adalah melaksanakan misi kesehatan jasmani (mamboan hahipason tu pamatang) IL Nommensen kemudian “diterima” di tengah-tengah komunitas Batak karena dapat menyembuhkan orang yang sakit melalui pengobatan medis.

Seiring dengan perkembangan zaman terjadi pergeseran substansial dalam upaya pencapaian kondisi sehat bagi seseorang. Dalam konteks pelayanan (Diakonia) Gereja, kesehatan orang-perorang bukan lagi semata-mata sebagai upaya “Diakonia Karitatif” namun telah bergeser ke dalam bentuk upaya “Diakonia Reformatif” hingga upaya “Diakonia Transformatif”. Sehingga individu tidak lagi menjadi objek belas kasihan semata tetapi telah menjadi subjek yang tercerahkan dan mampu bertindak sendiri maupun bersama-sama dengan individu lainnya berupaya agar tetap sehat  dan terhindar dari penyakit dengan melakukan Perilaku Hidup Sehat dan sebagai gaya hidup keseharian warga jemaat HKBP pada umumnya dan jemaat HKBP Lubuk Baja pada khususnya.

2. Tujuan

Tujuan diadakannya Perayaan Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup ini adalah:

  1. Pemberdayaan Jemaat HKBP Lubuk Baja baik individu maupun bersama-sama untuk aftif mencari dan mengetahui informasi sebanyak mungkin dalam upaya mewujudkan kesehatan & kebersihan lingkungan menjadi gaya hidup setiap jemaat HKBP Lubuk Baja.
  2. Kampanye tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih & sehat sebagai wujud dari Perilaku Hidup Sehat warga jemaat HKBP Lubuk baja.
  3. Menanamkan keyakinan kepada warga jemaat HKBP Lubuk Baja bahwa Hidup Sehat adalah sebagian dari anugrah dan keselamatan dari Tuhan Allah yang karenanya segala upaya untuk mewujudkan Perilaku Hidup Sehat adalah juga suatu ibadah memuliakan Allah. (1 Korintus 3 :16-17 dan 1 Korintus 6:19-20)
  4. Sebagai warga Gereja dan warga Negara, jemaat HKBP Lubuk Baja, berpartisipasi aktif dalam program pemerintah dalam upaya mensejahterakan rakyat melalui Jaminan Kesehatan Nasional dan peran serta warga jemaat HKBP Lubuk Baja untuk ikut menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

 

 3. Thema & Sub Thema

Thema           : “Allah memberikan kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan dan keamanan”            (Yeremia 33: 6)

Sub Thema   : “Melayani memelihara kesehatan, kesembuhan, kesejahteraan jasmani dan rohani”

 

4. Waktu Pelaksanaan Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup.

Perayaan Puncak pada Hari / Tanggal                   : Minggu / 07 Oktober 2018, Pukul 09.00-selesai

Tempat                                                                       : Gereja & Gedung serbaguna HKBP Lubuk Baja.

Perlombaan-perlombaan & Kegiatan.                    : 15 Juni -15 September 2018

Tempat                                                                       : Areal Gereja HKBP Lubuk Baja.

Detail seperti terlampir (lampiran-1)

 

5.Susunan Acara:

  1. IBADAH

Tata ibadah pada perayaan puncak  disesuaikan dengan tertib acara yang telah disusun seksi Ibadah.

  1. Perlombaan-perlombaan & Kegiatan.

Adapun perlombaan & kegiatan  yang di lakukan dalam tahun kesehatan & kebersihan dalam lingkungan hidup ini adalah berupa perlombaan jasmani, perlombaan mental dan spiritual serta kampanye upaya menanamkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam lingkungan hidup melalui pembuatan pamplet/slogan ntuk menjaga kebersihan dan anti rokok. Jenis dan jadwal  terlampir (lampiran-1).

NB.1.Untuk setiap perlombaan masing-maing akan diperlombakan apabila jumlah pesertanya minimal 4 atau lebih.

2.Masing-masing Wijk hanya bisa mengikuti 1 jenis perlombaan untuk tiap-tiap  jenis perlombaan, kecuali untuk catur bisa lebih.

3.Untuk senam kesegaran jasmani peserta bisa ama/ina saja atau campur.

4.Untuk lomba pidato/orasi isinya tentang kesehatan & lingkungan dan peserta di luar tenaga medis atau yang berhubungan.

 

 6. Susunan Panitia Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup 2018.

Adapun susunan Panitia Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup Resort HKBP Lubuk Baja 2018 seperti terlampir dalam SK No : 035/XX.1/S.Kep/IV/2018.(lampiran-2).

 

7. Anggaran Biaya.

Anggaran yang dianggarkan oleh panitia untuk Tahun Kesehatan & Kebersihan dalam Lingkungan Hidup 2018 adalah seperti yang tertera bawah ini dan untuk detailnya seperti terlampir (lampiran-1).

 Silahkan klik DISINI untuk melihat lebih lengkap

 

Pararat

Leave a Reply

Your email address will not be published.