REFLEKSI RASA MALU DAN RASA BERSALAH

Togap Balduin Silalahi, SH.*) Kata Ibrani untuk menggambarkan rasa malu dipakai kata “bosheth”. Keadaan “bosheth” ini digambarkan dalam Kejadian 3 : 8 – 10. Ketika Adam dan Hawa menyadari telah berbuat salah (melanggar perintah Allah) mereka menjadi malu satu sama lain dan malu serta takut bertemu Allah. Dari keadaan merasa malu ini, mereka kemudian saling…

waktu

Masa lalumu membuatmu makin pahit atau manis

Seorang wanita dijahatin oleh pria pacarnya. Sejak itu, ia benci dengan laki-laki. Ia menghindar dan menutup hatinya. Seorang wanita yang lain, dijahatin oleh pacarnya, tetapi kemudian hal itu menginspirasinya untuk menulis novel dan buku soal menyikapi suatu hubungan. Satunya menjadi pahit hati, satu membuahkan sesuatu yang manis.

Keuangan dan hubungan anda dengan Allah

Dalam kekristenan, kita harus mendasarkan segala bidang kehidupan di atas firman Allah, entah itu tentang keselamatan, penyucian, pelayanan, ataupun keuangan. Maksud dari semuanya ini adalah untuk memuliakan Allah. Jika kita tidak mencerminkan kebenaran Allah, berarti kita tidak sedang melayani Allah.

10 Kebiasaan Yang Menyebabkan Kerusakan Otak

Otak adalah organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Jika manusia diibaratkan sebuah komputer, otak adalah prosesornya. Tapi tanpa disadari, setiap harinya otak bisa mengalami kerusakan dari kebiasaan hidup sehari-hari. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital…

Prepare Your Future!!

Kebanyakan anak muda kalo ditanya ‘mo jadi apa nantinya?’ Jawaban yang paling sering kita dengar itu kayak gini, ‘Errr…gak tau.’ Ato ‘Liat aja nanti.’ Cuma sedikit banget anak muda yang tau pasti mo jadi apa nanti kalo udah dewasa. Padahal penting banget lagi buat kita tau bakal jadi apa kita nanti (minimal kalo belum tau…

APA SIH ANGIN DUDUK ?

Istilah angin duduk digunakan untuk menggambarkan gejala nyeri dada seperti rasa ditekan, keluar keringat dingin, perut kembung, ulu hati seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual, dan dianggap lebih parah dari masuk angin biasa.

MUARA TAKUS KEMBALI “BERKOBAR”

Kebakaran di MUARA TAKUS, Batam. Pagi sekitar jam 6.30 (21/08), Si jago merah kembali menunjukkan murkanya. Puluhan rumah penduduk dan jemaat HKBP LUBUK BAJA di Muara Takus, ludes dilalap amarah si jago merah. Warga bersama2 petugas PMK bahu membahu memadamkan api. Dan setelah berjuang sekitat 1,5 jam, sekitar jam 8 pagi, api berhasil dijinakkan.  …

Pensil Untuk Cecilia

Aku paling senang melihat senyuman manisnya. Senyuman khas anak kecil yang polos dan lucu. Senyuman yang bisa membuat semua lelahku langsung hilang dan berganti dengan sejuta sukacita. Namanya Anastasia Cecilia. Aku sering memanggilnya dengan nama Cecil.