Remaja HKBP Lubuk Baja 2017

REMAJA 1

  1. Seksi Remaja HKBP Lubuk Baja.

Dalam sudut pandang bahasa Inggris, remaja disebut teenager yaitu semua anak-anak yang usianya di dalam bahasa Inggris berakhiran dengan “teen”, yakni mulai “thirteen” (13 tahun) sampai “nineteen” (19 tahun). Namun dalam Aturan dan Peraturan HKBP 2016-2026, yang disebut dengan anak Remaja adalah anak atau putra-putri dari jemaat yang berusia 12 tahun hingga 17 tahun. Jika disinkronisasikan usia ini dalam pendidikan, maka anak-anak remaja umurnya berada pada tingkat pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) kelas 2 atau kelas 8 sampai kelas 3 atau kelas 9 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Tentu, usia ini merupakan masa-masa di mana putra-putri jemaat mengalami banyak sekali perubahan baik fisik dan psikis. Sebab itu, dibutuhkan pelayanan yang serius kepada anak remaja supaya anak remaja bisa menemukan jati dirinya dan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang perkembangan dirinya di kemudian hari.        Untuk menyelenggarakan pelayanan kepada anak-anak remaja ini, maka HKBP Lubuk Baja melalui Dewan Koinonia membentuk Seksi Remaja. Seksi Remaja adalah persekutuan para anak-anak jemaat yang berada pada usia remaja. Dengan Seksi Remaja ini, maka pelayanan terpadu dan terstruktur bisa terjadi yang dikemas dalam bentuk kegiatan atau aktifitas sebagai “spirituality formation” bagi anak remaja HKBP Lubuk Baja.

 

  1. Pengurus Seksi Remaja HKBP Lubuk Baja.

Tidak mudah untuk menjadi pengurus dalam Seksi Remaja, mengingat keterbatasan dari para anak-anak remaja dan juga sulitnya memimpin anak remaja yang sedang mengalami perubahan-perubahan signifikan dalam fisik dan psikis. Namun, walau sulit bukan berarti tidak bisa. Dalam ibadah khusus remaja pada hari Minggu I-III setiap bulannya, ibadah dihadiri sekitar 110 orang anak remaja. Sebenarnya jumlah ini bisa bertambah jika anak-anak remaja lainnya tidak selalu beribadah bersama orangtuanya. Dalam persekutuan setiap hari Sabtu, pukul 19.00 WIB, persekutuan dihadiri hanya sekitar 50-60 orang anak remaja. Alasan “tidak ada yang mengantar, banyak tugas sekolah, kurang sehat, ada urusan keluarga, dll” menjadi alasan klasik yang akhirnya harus dimaklumi. Namun, besar harapan, jumlah anak remaja yang setia mengikuti setiap persekutuan kiranya bertambah. Beatrice Hasibuan yang melayani sebagai Ketua Seksi Remaja 2017, di dalam kesibukan studynya, dia berusaha untuk memimpin Remaja sebaik mungkin bersama pengurus harian Seksi Remaja, untuk mensukseskan program kerja dan pelayanan yang sudah ditetapkan.

 

Seksi Remaja tentu tidak berjalan sendirian, sebab pendamping remaja 2017 selalu mendampingi mereka di dalam pelayanan, yakni bapak Josua Simanjuntak, ST dan saudari Artha br. Siahaan, MPd. Bapak Josua Simanjuntak yang bekerja di Perusahaan ini memiliki kemampuan untuk mengajar paduan suara (Choir) dan saudari Artha br Siahaan, MPd yang bekerja sebagai Dosen di Politeknik Batam ini, memiliki  kerinduan melayani dalam pembentukan rohani dan karakter anak remaja. Kemudian, Pdt. Frans I. Sianipar ditugaskan pimpinan jemaat sebagai koordinator pelayanan remaja HKBP Lubuk Baja, dan menjadi teamwork bersama pendamping remaja dan seksi remaja. Dengan formasi ini, pelayanan kepada remaja bisa terselenggara dengan baik.

 

  1. Kegiatan dan Pelayanan Remaja HKBP Lubuk Baja 2017.

Kegiatan dan Pelayanan Remaja HKBP Lubuk Baja terlaksana sesuai dengan program tahunan yang sudah ditentukan. Ada beberapa kegiatan dan pelayanan Remaja HKBP Lubuk Baja tahun 2017, di antaranya adalah:

  1. Ibadah Khusus Remaja pada hari Minggu I-III, dan Ibadah bersama dengan orangtua pada hari Minggu ke-IV setiap bulannya.
  2. Penelaan Alkitab di setiap hari Sabtu malam pukul 18.30; dan dilanjuntkan dengan Latihan Paduan suara (Koor).
  3. Setiap hari Sabtu malam, di minggu pertama setiap bulan, diadalah Birthday Celebration bagi anggota seksi remaja yang bersukacita dengan ulangtahunnya.
  4. Pada hari Sabtu di Minggu III, seksi remaja mengadakan SportDay, yang diawali dengan doa dan nyanyian.
  5. Melayani sebagai Tim Musik untuk ibadah Variatif setiap Minggu ke 4 setiap bulannya.
  6. Perayaan Paskah Remaja. Pada Paskah 2017, Seksi Remaja mengambil peran sebagai Event Organizer perayaan Paskah di HKBP Lubuk Baja. Salah satu kegiatan yang dilakukan Seksi Remaja adalah mengadakan performa drama musical yang didukung oleh Anak-anak Sekolah Minggu dan Naposobulung HKBP Lubuk Baja.
  7. “Teenager Bibel Camp 16-18 Juni 2017” diadakan selama 3 hari 2 malam di Kompleks Pargodungan Gereja HKBP Lubuk Baja. Bible Camp yang diikuti 85 orang peserta ini, akan menjadi program tahunan yang akan dilayankan Seksi remaja yang bertujuan untuk membentuk karakter dan spiritualitas anak remaja yang sesuai dengan Firman Tuhan. Pembekalan yang diberikan kepada anak remaja dalam bentuk Talk Show antara lain: tentang Spiritualitas dalam perspektif Alkitab (oleh Pdt Frans I. Sianipar, MTh), My Gadget and I (oleh Artha br Siahaan, MPd), Cinta Monyet (Josua Simanjuntak, ST), Perkembangan Psikologi Anak Remaja oleh Magdalena br Pasaribu, S.Psi; Kesehatan dan perkembangan fisik anak remaja/Pubertas (oleh dr.Yocky Simamora), Bahaya Narkoba (oleh Pol. Krisman Panjaitan, MM). Bible Camp ini diakhiri dengan Ibadah di Pantai Palms Spring Nongsa, sekaligus dengan pelepasan beberapa anak remaja yang akan memasuki Naposobulung.
  1. Kunjungan Gereja. Sesuai dengan program remaja, kunjungan gereja dilakukan dua (2) kali, yakni ke Gereja HKBP Palmarum dan HKBP Tiban Lama. Tentu, bukan hanya berkunjung, namun juga dikunjungi, yakni dari Remaja HKBP Batam Center. Kunjungan yang selalu didampingi oleh St. Aposter Hasibuan ini sangat bermanfaat untuk menjalin persekutuan antar anak-anak remaja di HKBP, belajar dan saling memberi/menerima masukan yang baik dari setiap gereja. Kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan regular seksi remaja.
  1. Perayaan Natal 2017 diselenggarakan pada hari Sabtu 16 Desember 2017. Perayaan Natal yang diketuai oleh saudara Chanro Simalango ini bertemakan God is Love – Love is God, yang akan memberikan wejangan hikmat kepada anak-anak remaja untuk semakin mengalami dan merasakan kasih Allah yang sudah, sedang dan selalu bekerja di dalam kehidupan di sepanjang jaman.*** (FIS)

 

 

Contact us:

Jalan Kamboja No 1 Kec. Lubuk Baja, Kodya Batam

Facebook: Rhkbp Lubuk Baja

Untuk download filenya silahkan klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *