Prepare Your Future!!

Kebanyakan anak muda kalo ditanya ‘mo jadi apa nantinya?’ Jawaban yang paling sering kita dengar itu kayak gini, ‘Errr…gak tau.’ Ato ‘Liat aja nanti.’ Cuma sedikit banget anak muda yang tau pasti mo jadi apa nanti kalo udah dewasa. Padahal penting banget lagi buat kita tau bakal jadi apa kita nanti (minimal kalo belum tau bakal jadi apa, kita udah punya gambaran, kita bakal jadi apa) ato bahasa kerennya kita tau panggilan dan tujuan hidup kita.

Waah, seharusnya si, kita ga boleh besikap “ntar aja” lagi sekarang… we’re race against the time, so, get set… ready and prepare your future start from now.

1. Kenali Potensi Diri
Setiap manusia pasti punya potensi. Bisa berupa bakat alami, potensi otak atau potensi fisik. Tapi seringnya si, kita ga sadar sama potensi yang kita punya. Ada beberapa cara untuk mengenali potensi kita, antara lain kita bisa minta masukkan dari keluarga atau orang terdekat, atau bisa juga ikutan tes bakat oleh lembaga psikologi, supaya lebih jelas. Semakin kita tahu potensi dan kelebihan kita, bakal lebih gampang memetakan cita-cita. Terbukalah sama diri sendiri, kembangkan potensi positif, sambil meminimalisir kekuranganmu.

2. Study with Passion
Pendidikan adalah salah satu tiket utama untuk masa depan yang cerah. Dengan belajar, pengetahuan kita otomatis bertambah, pola pikir jadi lebih maju dan sistematika berpikir menjadi terasah. Jangan cepat puas dalam belajar, apalagi jaman sekarang pendidikan banyak pilihannya. Selain sekolah/kuliah formal, ikutan juga aja kursus-kursus, ikutan workshop, atau belajar otodidak melalui buku atau diskusi… tapi inget loh, harus diniatin dan jangan berhenti tengah jalan, jangan sampe bikin rugi. Mempelajari sesuatu yang kita sukai akan membuat kita semangat dan menjalani prosesnya dengan full of passion.

3. Practise Your Leadership
Walau punya prestasi dan title sarjana sekeren apapun, kalau nggak punya leadership skill yang bagus, karir kamu nantinya bisa mandek. Perusahaan dan most scholarship committee selalu mendahulukan orang-orang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi karena mereka-mereka inilah yang punya kans besar membuat perubahan. Leadership skill bisa dilatih dengan aktif berorganisasi. Soalnya dalam organisasi kita belajar mengemukakan pendapat, mempertahankan argument, berinteraksi dalam tim, memimpin suatu project dan juga solving problems. Skill yang satu ini ga bisa bisa sekedar baca buku, tapi harus dipraktekin tiap hari. Kuncinya adalah keberanian.

4. Be Optimistic
To be successful in the future, kita harus yakin akan masa depan yan cerah. Orang yang yakin akan keberhasilannya, cenderung lebih sukses. Dan sebaliknya orang yang pesimis biasanya lebih sering menemui kebuntuan. You have to know, the power of mind itu sangat-sangat besar pengaruhnya loh!. By positive thinking, kamu akan selangkah lebih maju dari orang-orang kebanyakan karena the biggest difference between successful people with those who are not, is their mind set and attitudes. Orang yang optimis ituu, ga gampang putus asa, kalopun gagal, mereka ga langsung menyerah dan menyesali keadaan, tapi justru mengevaluasi diri dan maju terus. Tuh kaan… makanya optimis dunk!

5. Built Your Network
Network bisa dibangun bahkan sejak kamu masi TK. Teman adalah asset yang penting buat masa depan. Mereka bisa jadi calon partner, calon client ataupun calon penghubung kamu pada banyak kesempatan. Pilih-pilih sahabat boleh si, tapi jangan pilih-pilih teman. Banyak bergaul juga akan mengajarkan kita cara bersosialisasi yang bagus, membiasakan diri bekerja dalam tim dan belajar sportivitas.

6. Persiapan Fisik
Yang ini ga kalah penting dengan persiapan otak, mind set dan attitude. Fisik adalah alat yang akan menjalankan ide-ide dan pemikiran kamu. Maka itu harus dijaga kesehatan dan maximum abilitynya. Jarang banget ada orang yang meraih kesuksesannya dengan bermalas-malasan tanpa mengeluarkan energy. There gonna be sleepless nights, peras otak, atau bolak-balik jarak sejauh beberapa kilometer dalam sehari. Jangan mau kalah sama keadaan ini. perkuat fisik sejak muda dengan healthy eating dan rajin olahraga. Kamu harus bisa menyeimbangkan work with play. Your body needs it.

7. Set Your Goal and Move
Bayangin seorang atlit yang berlomba tanpa tahu garis finishnya, tentu segala perjuangannya menjadi sia-sia. Tanpa tujuan dan cita cita yang jelas, kita bisa kebingungan dan hilang arah, makanya tentukan dulu apa maumu. Setelah jelas, baru de susun langkah-langkah yang harus diambil untuk sampai ke sana. Mulai dari jenjang pendidikan sampe ke hal-hal pendukung. Misalnya ni, kalo pengen jadi pengacara, masuk sekolah hukum, perdalam setiap peraturan perundangan, jangan nyontek saat ngerjain tugas atau ujian, latih public speaking dan analisa kasus yang sedang menghangat di masyarakat.

Ingatlah, masa depan yang cerah hanya bisa diraih dengan kerja keras. Doa, disiplin, komitmen dan pintar memanage waktu… IS A MUST.

HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *