Tuhan menyertai kita

Ayat harian dari Almanak HKBP: Matius 6:13
Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karen Engkaulah yang empunya Kerajaan dan Kuasa dan Kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

Kekuatan dan kelemahan seseorang tidak sama dengan orang lain. Ada orang yang sangat lemah sehingga pencobaan yang kecil saja sudah melumpuhkannya. Ada pula orang yang kuat, sehingga pencobaan yang besar tidak mampu melumpuhkannya. Namun demikian, tetap saja ada titik titik lemah yang jika tidak diawasi akan berakibat fatal. Oleh karena itulah Yesus Kristus mengajar kita berdoa, “janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.” Intinya adalah “penyertaan” Tuhan. Kahadiran dan penyertaan Yesus Kristus dalam hidup kita menyebabkan kita memiliki pertahanan yang paling kuat untuk melawan pencobaan yang ingin melumpuhkan kita, atau pun pencobaan yang menguji daya tahan kita.

Ketika kita berdoa “janganlah membawa kami ke dalam pencobaan” kita memohon agar Tuhan jangan sampai membiarkan kita untuk dibawa masuk kembali oleh iblis ke dalam situasi yang akan membuat kita berdosa. Iblis tidak akan pernah senang akan kondisi kita yang sudah diampuni dan disucikan dari dosa kesalahan kita dan akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk kembali menjerat setiap anak-anak Tuhan.

Waktu kita sadar akan ancaman iblis, kita juga harus sadar akan ketidakmampuan kita dalam menghadapi cobaan itu sendiri. Kita adalah ciptaan baru yang masih harus terus-menerus bergumul dengan manusia lama kita (lih. 2 Korintus 5:1-2,17). Kita memerlukan Tuhan yang berkuasa untuk “melepaskan kita daripada yang jahat” dan membawa kita kembali dalam tuntunan tangan Bapa yang di Sorga.

Kita menyerahkan diri kita sepenuhnya ke dalam pemeliharaan Bapa, yang bukan hanya menyediakan kebutuhan kita dan mengampuni dosa kita, tetapi juga memelihara dan menjaga kerohanian kita dari cengkraman si jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan, kuasa dan kemualiaan sampai selama-lamanya, Amin!

Renungan: Berdoa agar kita dibebaskan dari kuasa dan rencana jahatnya.
Pokok Doa: Sertailah kami ya Tuhan ketika menghadapi persoalan kehidupan ini. Amin

Disadur dari Buku Renungan Harian HKBP: Mendekat kepada Allah
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *