Ringkasan Khotbah Minggu, 3 Juni 2012

Ep. Kolose 1:15-23
Ev. 1 Yohanes 5:18-21

Minggu ini, kita masuk dalam minggu Trinitatis kalender gerejawi. Setelah turunnya Roh Kudus pada hari Pentekosta, kita mengenal Allah dalam pribadi Tritunggal/Trinitatis yaitu Allah Bapa, Allah Yesus Kristus dan Allah Roh Kudus. Ketiganya adalah satu, sama dan setara. Allah Bapa sama stratanya dengan Yesus Kristus dan Roh Kudus. Pemahaman akan Trinitatis tidak bisa kita lihat dari sisi rasional atau logika belaka, tetapi harus dipahami dengan iman, sehingga kita bisa mengerti keberadaan Allah dalam tiga pribadi yang kita sebut Trinitas.

Penulis surat Yohanes mengatakan bahwa anak-anak Allah atau orang-orang yang dilahirkan oleh Allah tidak lagi berbuat dosa atau kejahatan. (1 Yoh. 5:18). Kedekatan dan kelekatan kita kepada Allah Sang Bapa, Anak dan Roh Kudus memberi kita kemauan dan kemampuan mengalahkan niat atau kehendak jahat yang muncul dari dalam diri kita. Ketaatan kita sebagai anak kepada Sang Bapa membuat kita tidak perlu lagi taat kepada dosa. Sebaliknya penulis surat Yohanes mengingatkan kita bahwa orang-rang yang terus menerus mengeraskan hatinya untuk berbuat dosa sebenarnya bukan anak-anak Allah dan tidak mengenal Allah (1 Yoh 3:8). Di dalam Dia tidak ada dosa. Maksudnya dalam Allah sama sekali tidak ada kejahatan, sebab itu orang-orang yang berada dalam Allah tentu tidak melakukan yang jahat. Disini kita disadarkan bahwa pengangkatan status kita sebagai anak-anak Allah sama sekali tidak memberi kita ijin, hak apalagi privalese (hak istimewa) melakukan yang jahat. Sebaliknya status kita sebagai anak-anak Allah justru mewajibkan kita untuk taat kepada Allah dan memutuskan hubungan dengan dosa dan segala kejahatan.

Sebagaimana disaksikan penulis surat Yohanes, kita percaya serta mengalami bahwa Allah telah datang ke dalam dunia dalam diri Yesus Kristus, menderita dan mati untuk keselamatan kita. Dialah Allah yang benar dan hidup yang kekal itu (1 Yoh 5:20). Kembali ke nama minggu kita hari ini, maka kita bisa menyimpulkan bahwa Trinitas adalah ungkapan pengenalan gereja yang sangat mendalam akan Allah yang telah datang ke dalam dunia ini, menyatakan diriNya kepada kita dalam Kristus dan kuasa Roh Kudus. Namun lebih dari itu, Trinitas adalah ungkapan pengakuan dan penyerahan diri kita kepadaNya, Dialah Allah yang menyelamatkan kita dari kuasa dosa dan maut melalui kematian dan kebangkitan AnakNya Yesus Kristus. Dia jugalah Allah yang telah mengampuni dosa kita dan memberi kita hidup kekal dalam Roh Kudus. Selamat hari Minggu. Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *