Mengandalkan Tuhan dalam Kehidupan

Ayat harian dari Almanak HKBP: 2 Samuel 15:26
Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya.

Nas pada hari ini mengkisahkan pengalaman Raja Daud yang sedang mengalami pergumulan sebab anaknya yang bernama Absalom mengadakan pemberontakan. Begitu gelisahnya hati Daud atas perlakuan Absalom. Padahal begitu sayangnya Daud terhadap Absalom. Karena Daud telah mengetahui rencana Absalom, maka Daud beserta rombongan pegawainya pergi menyelamatkan diri dari istananya (keluar Yerusalem). Dalam rombongan mereka juga ikut Imam Zadok dan orang-orang Lewi keluar Yerusalem dengan membawa tabut perjanjian Allah. Tetapi Daud menyuruh mereka agar mengembalikan tabut tersebut ke Yerusalem dan ia mengatakan jika Allah mengkehendaki Daud kembali ke Yerusalem, maka kehendak Allah yang terjadi.

Bagian yang mau kita lihat dari nas hari ini ialah, mengenai sikap pasrah Daud atas kehendak Allah. Daud menggantungkan harapannya kepada Allah. Meskipun Daud seorang Raja Israel, tetapi dia tetap mengandalkan Tuhan di saat dia mengalami pergumulan. Daud hanya menyerahkan segala sesuatu yang dihadapinya itu kepada Allah sebab ia yakin bahwa apa yang dikehendaki Tuhan tentulah baik. Sikap Daud yang mengandalkan kehendak Allah inilah yang dapat kita pelajari dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berserah kepada Tuhan. Itulah yang menjadi renungan untuk kita. Meskipun hidup ini begitu berat dan susah, apalagi yang kita andalkan hanya pikiran kita sendiri, tentu berat itu semakin berat. Tetapi ketika kita menyampaikan pergumulan dan persoalan hidup hanya kepada Allah, maka hati kita akan tenang, sebab kita telah menyerahkannya kepada Allah Pencipta manusia.

Hidup yang berserah dan pasrah kepada Tuhan menjadi mungkin hanya bila kita mencintai-Nya dan mengangkat Dia melebihi apa pun atau siapa pun. Disayangkan seringkali tekanan dan tuntutan keperluan seharian sering membuat kita menyampingkan Tuhan karena kita ingin menyelesaikan dan mencari solusi dengan kekuatan dan kemampuan sendiri. Orang-orang percaya sudah selayaknya mengandalkan Tuhan dengan segenap hati. Tuhan akan menolong orang yang berserah kepadaNya. Amin!

Renungan: Berserah kepada Tuhan dan percaya kepada-Nya maka Dia akan bertindak.
Pokok Doa: Tuntun kami Tuhan dengan Roh-Mu agar kami tetap berserah dan mengandalkan Tuhan dalam hidup ini. Amin

Disadur dari Buku Renungan Harian HKBP: Mendekat kepada Allah
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *