You’ll never walk Alone

You'll never walk alone

Penelaahan Alkitab Gabungan: NHKBP Lubuk Baja Pos Paradise
Nas : Roma 15 : 5 – 7

“Anda tidak akan pernah berjalan sendirian”, kira-kira seperti itulah terjemahan dari judul PHD kita minggu ini. Seringkali dalam menghadapi kehidupan ini kita merasa bahwa kita selalu sendiri. Bahkan kita sering menganggap bahwa masalah yang kita hadapi selalu lebih sulit dari masalah yang dihadapi oleh orang lain. Hal ini yang menjadi penghalang untuk kita melihat bahwa disekitar kehidupan kita ada begitu banyak orang-orang yang Tuhan hadirkan untuk mewarnai kehidupan kita.

Selalu ada jalan keluar dan selalu ada orang tepat yang Tuhan sediakan untuk menyelesaikan setiap pergumulan kita. Oleh karena itu, ketika kita menyadari bahwa disekitar kita ada begitu banyak orang yang siap menerima dan membantu kita dalam setiap kelemahan kita maka yang harus tetap kita bina adalah kerukunan.

Nas kita melukiskan bahwa kerukunan ketika terus dibina dan dijaga dengan baik merupakan salah satu bentuk pujian kita kepada Sang Pencipta. Hidup sangat indah ketika kita mampu melihat bahwa Tuhan hadir melalui orang-orang yang berada disekitar kita. Dengan kemampuan dan ciri khas masing-masing kita maka kita diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk mengisi setiap kekurangan orang lain melalui kelebihan yang ada di dalam diri kita.

Menerima orang lain dengan segala keberadaannya (ay.7) merupakan bentuk perintah yang disuarakan oleh Tuhan dalam rangka mengikuti teladan Kristus yang mampu menerima seluruh manusia termasuk kita tanpa mengharapkan sesuatu sebagai imbalannya. Hanya kasih yang tulus mampu meruntuhkan tembok ego didalam diri manusia. Kasih dari Tuhan itu sebenarnya dasar yang memampukan kita melihat bahwa hidup kita tidak pernah sendiri.

Diskusi :
1. Apakah arti persahabatan untuk anda?
2. Setelah menyadari bahwa kita tidak pernah hidup sendiri, apa yang anda harapkan untuk orang lain lakukan kepada anda dan begitu sebaliknya?

Pdt.TA.Pandiangan,S.Th
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *