Lakukanlah semua hal dalam nama Tuhan Yesus Kristus

Ayat harian dari Almanak HKBP: Kolose 3:17
Dalam segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Banyak hal yang kita perbuat setiap hari dalam hidup kita, bahkan tak terbilang kata-kata yang kita keluarkan dan juga perbuatan kita terhadap sesama kita. Jika kita renungkan, kelemahan kita akan hal-hal yang kita perbuat, demikian juga perkataan kita. Kita diperhadapkan akan kelemahan dan keterbatasan kita sebagai manusia, bisa menyakiti perasaan orang lain, bahkan sampai merusak hubungan baik yang selama ini sudah terjalin. Demikian juga karena perkataan kita pun boleh jadi membuat orang lain merasa bersalah, bahkan sampai melukai hatinya. Seringkali kita tidak sadar akan apa yang kita ucapkan yang meremehkan dan merendahkan orang lain. Sikap sombong kita bisa membuat teman kita menderita. Hal-hal yang baik dilakukan orang lain kepada kita sering cepat kita lupakan, justru sebaliknya kita sulit melupakan hal-hal yang buruk.

Rasul Paulus mengingatkan kita pada nas hari ini tentang ajaran yang baik dalam kehidupan orang Kristen. Hal itu disebut juga dengan etika hidup orang Kristen di tengah persekutuan setiap hari terhadap lingkungan sekitar. Paulus mengatakan kepada jemaat Kolose: “Dalam segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.” Segala sesuatu yang kita lakukan, perkatakan, bahkan perbuatan kita adalah berpusat pada nama Tuhan Yesus Kritus. Karena itu adalah landasan hidup orang Kristen, sambil mengucap syukur oleh Dia. Demikian jugalah perbuatan kita yang menghidupkan alam sekitar. Kehadiran orang Kristen dimanapun membawa berkat dan puji-pujian bagi nama Tuhan. Lakukanlah segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin

Renungan: Menunjukkan kasih Kristus dengan perkataan kita yang lembut dapat menyenangkan hati orang lain.
Doa: Tuhan, kuasailah hati dan pikiranku agar kata-kataku penuh kasih dan berkat.

Disadur dari Buku Renungan Harian HKBP, “Mendekat kepada Allah”
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *