Tuaian yang berbuah


Oleh. Pdt. TA. Pandiangan, S.Th
Bahan PA Naposobulung, Pos Mukakuning
Nats: Matius 13 : 3 – 9

Lingkungan pergaulan sehari-hari menentukan karakter seseorang. Baik atau buruknya lingkungan dimana kita bergaul secara tidak sadar mampu mempengaruhi bahkan merubah karakter pribadi seseorang. Kisah seorang penabur dalam teks Alkitab saat ini begitu jelas menceritakan ada empat jenis karakter tanah yang menjadi tempat benih itu ditaburkan. Dari keempat jenis tersebut ternyata hanya ada satu jenis tanah yang benar mampu menjadi tempat bertumbuh dan berbuah benih yang ditaburkan.

Sebagai seorang remaja, tentu anda akan diperhadapkan dengan berbagai jenis karakter orang dan pergaulan. Ada karakter orang yang diberi nasehat tapi masuk telinga kanan langsung keluar dari telinga kiri. Ada juga karakter orang yang diberi nasehat, awalnya didengarkan dengan baik tapi karena terbawa arus pergaulan akhirnya segala nasehat baik yang didengarkan itu menjadi sia-sia.

Tidaklah mengherankan jika membaca berita di surat kabar atau menonton televisi ada pemberitaan yang mengabarkan seorang pemuda berani membunuh orangtuanya karena tidak senang dinasehati atau keinginannya tidak dipenuhi. Atau sudah hal yang biasa bagi kita bahkan sering menjadi sebuah kebanggan jika berani menolak dan melanggar perintah orangtua. Fenomena seperti diatas itu bukanlah sesuatu yang baru lagi bahkan tanpa disadari kita turut menjadi pelaku. Bahkan tidak jarang pemuda jika dalam hal asmara mengalami kegagalan sering mencari pelampiasan dan jalan keluar yang bertentangan dengan Firman Tuhan.

Menghadapi segala sesuatu dibutuhkan kearifan karena tidak semua hal yang kita inginkan itu menjadi kebutuhan bagi kita. Namun segala sesuatu yang menjadi kebutuhan bagi kita itu harus segera kita penuhi. Salah satu kebutuhan bagi setiap orang percaya adalah hidup di dalam Firman Tuhan. Bukan berarti orang yang telah hidup di dalam Firman Tuhan akan terbebas dari kesulitan, namun percayalah bahwa setiap orang yang menghidupi Firman Tuhan akan dimampukan untuk menemukan jalan keluar atas segala kesulitan hidup. Firman Tuhan yang semakin mengakar di dalam kehidupan anda akan berbuah sikap hidup yang semakin taat akan Tuhan.

Topik Diskusi
a. Menurut anda, termasuk jenis tanah yang manakah karakter kepribadian anda? Mengapa memilih itu?
b. Seberapa pentingkah Firman Tuhan bagi anda? Mengapa?

HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *