Istri yang berakal budi

Bacaan: Amsal 19:14-20

RENUNGAN INI BUKAN HANYA BUAT PARA ISTERI,
TETAPI JUGA BAGI SEMUA WANITA

Banyak wanita khususnya kaum ibu merindukan hidupnya supaya menjadi wanita bijak. Dengan mengikuti seminar-seminar wanita bijak atau berbagai macam ibadah wanita agar dapat berubah menjadi wanita yang bijak dan berakal budi.

Amsal 19:14 berkata: Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia Tuhan”.
Saya ingin membagikan kepada anda khususnya kaum wanita agar menjadi wanita yang berakal budi. Ketika anda menjadi wanita yang berakal budi maka anda dapat menjalani hidup ini dengan bijak. Jika anda berakal budi itu adalah karunia Tuhan. Apakah ciri-ciri wanita yang berakal budi?

Inilah ciri-ciri wanita yang berakal budi:

1. Isteri yang berakal budi adalah yang Hidupnya tidak berorientasi pada rumah dan harta warisan (ayat 14).
Wanita yang berakal budi adalah wanita yang tidak berorientasi pada harta warisan dari nenek moyangnya, namun ia berorientasi pada karunia Tuhan. Jika wanita berorientasi pada kasih karunia Tuhan, maka Tuhan akan memberikan akal budi yang luar biasa. Jika akal budi dari Tuhan itu datang maka justru rumah dan harta akan mengikuti anda.

2. Isteri yang berakal budi adalah isteri yang Hidupnya tidak dalam kemalasan (ayat 15)
Ciri seorang isteri yang berakal budi adalah hidupnya tidak dalam kemalasan. Jika anda menjadi wanita yang malas, maka suami atau keluarga anda akan kelaparan. Orang yang malas adalah orang yang tidak berakal budi, bukan hanya itu orang yang malas adalah orang yang tidak memiliki masa depan. Orang yang malas sama dengan tangan yang lamban, dan tangan yang lamban mendatangkan kelaparan/kemiskinan.

3. Isteri berakal budi adalah isteri yang Hidupnya memiliki belas kasihan (ayat 17)
Salah satu sifat wanita adalah “keibuan”, keibuan itu tidak bisa dipisahkan dengan kelemah-lembutan, dan kelemahlembutan itu tidak bisa dipisahkan dengan belas kasihan. Jadi salah satu ciri wanita yang berakal budi adalah memiliki belas kasih ketika melihat orang lain dalam kesulitan/kelemahan. Jika kita melakukan ini, maka kita sedang memiutangi Tuhan , dan Tuhan akan membalas perbuatan anda.

4. Isteri yang berakal budi adalah isteri yang Hidupnya dapat mengajar anak-anaknya (ayat 18)
Salah satu ciri isteri yang berakal budi adalah ia dapat mengajar anak-anaknya. Sekalipun anaknya harus dihajar, namun jangan menginginkan kematiannya. Hajaran anda harus memberikan pengharapan perubahan hidup seorang anak. Tugas seorang wanita dirumah adalah mendidik dan mengajar anak-anaknya.

5. Isteri yang berakal budi adalah isteri Hidupnya tidak cepat marah (ayat 19)
Survei membuktikan seorang isteri marah pada saat tidak memiliki uang/hidupnya dalam kekurangan. Coba janganlah lekas marah ketika kebutuhan tidak terpenuhi, namun doakan suami anda. Jangan cepat marah menghadapi suami, menghadapi anak, menghadapi berbagai persoalan, kuasai diri. Orang yang cepat marah memperbesar kebodohan (ams 14;29)

6. Isteri yang berakal budi adalah isteri yang mau menerima nasihat dan didikan (ayat 20)
Untuk mendapatkan akal budi di masa depan, jadilah wanita yang dapat dinasihati dan dididik, baik oleh suami, oleh mentor anda atau di gereja, persekutuan. Selagi komunitas anda membangun kerohanian anda ikutilah itu. Jika anda tidak menerima nasihat dan didikan maka sehebat-hebatnya anda, anda akan kehabisan energi menjalani hidup ini, yang ada adalah anda sebagai wanita akan semakin bodoh.

Penulis: Unknown

Publikasi > Artikel Rohani
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *