Memasak sayur

Kiat Memasak Sayur

Memasak sayur harus hati-hati, salah-salah bukan gizi yang didapat malah hanya ampas.
Berikut adalah kiat-kiat bagaimana memasak sayur agar kandungan nutrisinya tetap terjaga baik meskipun harus bersentuhan dengan suhu tinggi saat pengolahan.

Memangang.
Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

Mengukus.
Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalahcara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

Tekanan Tinggi/Presto.
Memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Masalahnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggimenjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto.

Menumis.
Ini salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.

Memasak tanpa air.
Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit.

Merebus.
Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin.

Tips khusus untuk memasak dengan merebus
Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan ,vitamin C dalam sayur menguap.

Jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C , 10 hingga 12 kali lipat.

Tips: Merebus sayur hijau

Terkadang Anda kesulitan memperoleh rebusan sayuran hijau yang warnanya tetap dan menarik minat untuk dikonsumsi. Tenang saja, ada cara mudah dan aman agar hasil rebusan sayur Anda tetap hijau dan enak dipandang.

Memasak sayur

Ini dia tipsnya:

1. Potong/iris sayuran sesuai selera Anda, cuci di bawah air yang mengalir.

2. Rebus air dalam panci secukupnya hingga mendidih. Untuk menghemat waktu, biasanya para wanita menggunakan panci dan air yang sama untuk bergantian merebus potongan sayur. Agar warna sayur Anda tidak keruh, rebus sayur bergantian dari warna paling muda menuju tua. Misalnya, rebus kecambah, setelah diangkat lalu rebus kubis, setelah kubis diangkat baru masukkan sayur berwarna hijau.

3. Khusus untuk sayuran berwarna hijau, masukkan terlebih dahulu satu sendok teh garam dapur (untuk panci ukuran sedang) ke dalam air mendidih, lalu masukkan sayuran hijau ke dalamnya. Dengan cara ini, warna sayur hijau Anda tidak akan berubah menjadi kecoklatan.
sumber: waspada.co.id

Publikasi > Tulisan > Tips & Trik
HKBP Lubuk Baja, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *